Bappeda Kab. Tapteng dan Bappeda Provsu Integrasikan e-Planning dengan e-Sumut

MEDAN – Dalam rangka meningkatkan sistem perencanaan pembangunan berbasis elektronik melalui e-Government, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan integrasi antara e-Planning Kab. Tapteng dengan e-Sumut Provinsi Sumatera Utara (Provsu). Fungsional Perencana Muda Bappeda Kab. Tapteng Yusnal Irvan Donna, S.Si, M.Si bersama R. Parlaungan Sihombing, SE, dan Tim Teknologi Informasi Bappeda Kab. Tapteng diterima oleh Kasubbid Kawasan Strategis dan Kerjasama Bappeda Provsu Yossi Sukmono, ST di Ruang e-Sumut Bappeda Provsu pada Kamis (27/06/2019).

“Dengan dilakukannya pengintegrasian e-Planning Kabupaten Tapanuli Tengah dengan e-Sumut Provinsi Sumatera Utara maka pada tahun 2020 pengusulan program dan kegiatan Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2021 yang bersumber dari dana APBD Provinsi Sumatera Utara tidak lagi menggunakan aplikasi e-Sumut, seperti yang dilakukan pada tahun 2019 ini. Kita sudah dapat langsung menggunakan aplikasi e-Planning Kabupaten Tapanuli Tengah melalui https://e-planning.tapteng.go.id,” kata Yusnal Irvan Donna, S.Si, M.Si.

Disebutkannya, pengintegrasian itu merupakan langkah maju untuk lebih efektif proses perencanaan pembangunan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Yusnal juga menjelaskan bahwa Bappeda Provsu akan mengembangkan pengintegrasian setiap dokumen perencanaan antara kabupaten/kota se Sumatera Utara dengan dokumen perencanaan Provinsi Sumatera Utara.

Di tempat terpisah pada Jumat (28/06/2019), Kepala Bappeda Kab. Tapteng Basyri Nasution, SP mengharapkan melalui integrasi kedua aplikasi itu maka dokumen perencanaan juga semakin selaras dalam penerapan e-Government khususnya pada perencanaan pembangunan.

“Dengan terintegrasinya aplikasi e-Planning Kabupaten Tapanuli Tengah dengan e-Sumut Provinsi Sumatera Utara maka kita berharap dokumen perencanaan antara daerah kabupaten/kota, provinsi, dan pusat semakin selaras, contohnya RPJMD karena dalam e-Planning akan dimasukkan RPJMD dan RKPD,” kata Kepala Bappeda Kab. Tapteng Basyri Nasution, SP.