Visi dan Misi

VISI DAN MISI BAPPEDA KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Visi dan Misi

Dalam penyelenggaraaan tugas pokok dan fungsinya, Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah pada prinsipnya tetap mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2018. Hal ini dimaksudkan agar tetap konsisten dalam mewujudkan pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan dengan mengakomodasi potensi, peluang yang dimiliki serta kendala yang dihadapi menuju peningkatan akuntabilitas kinerja Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah.

Visi

Dalam mengantisipasi tantangan ke depan menuju kondisi yang diinginkan serta tuntutan akan transparansi pembangunan, Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai organisasi perencana pembangunan perlu mengembangkan peluang dan inovasi. Meningkatnya persaingan, tantangan dan tuntutan masyarakat akan pelayanan prima dan perencanaan yang aktual, akurat serta komprehensif, mendorong Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mempersiapkan diri agar tetap eksis dan unggul dengan senantiasa mengupayakan perubahan ke arah perbaikan.

Perubahan tersebut harus disusun dalam tahapan yang terencana, konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil atau manfaat.

Disamping itu proses yang dilakukan dalam menghasilkan suatu perencanaan tepat guna dan tepat sasaran harus didukung oleh suatu sistem yang efesien dan efektif yang dapat dipertanggungjawabkan. Penyusunan perencanaan tersebut harus dilakukan dengan mengacu pada perencanaan nasional yang diselaraskan dengan perencanaan daerah. Demikian juga dalam kegiatan perencanaan senantiasa melibatkan unsur lintas sektoral serta seluruh stakeholder  di daerah.

Visi merupakan cara pandang jauh ke depan tentang kemana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah akan diarahkan dan apa yang hendak dicapai. Visi Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah dirumuskan dengan mengacu pada makna visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2012-2016, tugas pokok dan fungsi serta nilai-nilai luhur yang dianut Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah.  Adapun visi Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah adalah :

 

“ TERWUJUDNYA SINKRONISASI DAN SINERGITAS SISTEM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KABUPATEN TAPANULI TENGAH”

Visi tersebut merupakan rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan terwujud pada akhir periode perencanaan, yaitu pada akhir tahun 2016. Visi tersebut membantu organisasi dalam mendefinisikan “ke arah mana organisasi akan dibawa” dan “bagaimana pelayanan harus diselenggarakan”. Rumusan visi disusun atas dasar pemahaman yang akurat terhadap dinamika kehidupan, citra dan peran organisasi, serta kepekaannya pada situasi yang ada. Dengan demikian diharapkan dapat memberi motivasi, menggerakkan dan menyegarkan setiap anggota organisasi dalam hal :

  1. Membawa unsur perubahan yang penting bagi organisasi
  2. Memperjelas perlunya eksistensi organisasi
  3. Meletakkan ukuran-ukuran standar bagi kemajuan organisasi yang dapat dirasakan masyarakat.

Agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kesimpangsiuran dalam mencapai visi, berikut ini dijelaskan pengertian beberapa istilah, yaitu :

  1. Sinkronisasi, merupakan kegiatan penyelarasan dan penyerasian berbagai kegiatan pembangunan untuk menyamakan pemahaman bagi semua pihak mulai dari pimpinan pemerintahan eselon atas sampai pada tingkat operasional, serta keselarasan antara program kabupaten dengan provinsi dan pusat sehingga mampu menjabarkan visi dan misi. Hal ini akan menjadikan semua program kegiatan tidak terjadi tumpang-tindih antar satuan kerja, sekaligus untuk menciptakan kontribusi yang cukup luas dalam pembangunan melalui sumber daya manusia yang berkualitas serta mampu memanfaatkan dan mengembangkan pembangunan.
  2. Sinergitas, dimaksudkan adanya satu ikatan bahwa kualitas terbesar dari implementasi otonomi daerah yang diamanatkan konstitusi kepada para penyelenggara pemerintahan daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, bermuara pada kinerja pencapaian tujuan bersama. Kebijakan pembangunan yang merupakan bagian integral dari kebijakan pembangunan regional dan nasional dalam rangka mendukung upaya pencapaian tujuan pembangunan nasional, tetap harus menggunakan pendekatan kebutuhan, potensi dan aspirasi masyarakat yang tumbuh dan berkembang serta melalui mekanisme saling memperkuat. Untuk mewujudkan satu kesatuan pembangunan yang akurat, bermutu dan akuntabel dibutuhkan kepemilikan data dasar pembangunan yang sama dan konsisten, sebagai dasar dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah yang lebih tepat sasaran.

Misi

Mengacu kepada Visi Bappeda tersebut, maka rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi ditempuh dengan Misi Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah yang disusun sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas dan profesionalisme sumberdaya manusia perencana pembangunan
  2. Memantapkan fungsi koordinasi perencanaan pembangunan yang berkelanjutan
  3. Mewujudkan rencana pembangunan yang terintegrasi

Penjelasan masing-masing misi

  1. Misi Pertama

Bappeda merupakan motor penggerak perencanaan, sehingga SDM perencana pembangunan menjadi sangat penting, dan menjadi kunci keberhasilan proses perencanaan pembangunan. Kualitas perencanaan sangat tergantung pada kemampuan dan keahlian para perencana secara teknis maupun kemampuan lain yang bersifat intersektoral, multidisipliner, dan berpikir komprehensif. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia merupakan peningkatan kapasitas individu dalam mengemban beban tugas masing-masing dalam organisasi. Peningkatan profesionalisme merupakan upaya peningkatan kinerja berkait dengan kesetiaan, logika dan etika.

  1. Misi Kedua

Institusi perencana harus berperan sebagai pelaksana fungsi manajemen dalam bidang perencanaan. Institusi perencanaan pembangunan harus mampu mengkoordinasikan proses perencanaan pembangunan daerah secara intensif dan menyeluruh serta melakukan kajian/analisis dalam rangka pengendalian perencanaan yang telah dirumuskan.

  1. Misi Ketiga

Perencanaan pembangunan daerah merupakan bagian dari sistem perencanaan pembangunan nasional. Sistem perencanaan pembangunan mengedepankan pada pendekatan perencanaan partisipatif yang berlandaskan pada prinsip keterbukaan dan partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan keadilan. Pemantapan sistem perencanaan pembangunan daerah ditempuh dengan mengedepankan partisipasi aktif stakeholders agar mampu menghasilkan perencanaan pembangunan yang bersifat komprehensif, dan  menyeluruh, sehingga mampu memberikan arah kebijaksanaan pembangunan dan menciptakan iklim kondusif bagi keterlibatan aktif stakeholders dalam keseluruhan proses pembangunan daerah.

Tujuan

Tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) tahun sampai dengan 5 (lima) tahunan. Tujuan ditetapkan dengan mengacu pada pernyataan visi dan misi serta didasarkan pada isu-isu dan analisis strategis, akan tetapi harus dapat menunjukkan suatu kondisi yang ingin dicapai dimasa mendatang.

Tujuan Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas SDM perencana pembangunan.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja SDM perencana pembangunan.
  3. Meningkatkan sistem koordinasi yang terintegrasi dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian pembangunan.
  4. Meningkatkan fungsi perencanaan pembangunan.
  5. Memantapkan implementasi sistem perencanaan pembangunan daerah.